THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 09 Mei 2009

Usia 50 Tahun, Barbie Pasang Tato


Tema penampilan boneka Barbie tak jarang jadi kontroversi. Setelah dikritik karena bentuk tubuh yang terlalu langsing, kini memasuki usia 50 tahun Barbie merilis edisi Barbie bertato.








Barbie pertama kali diluncurkan perusahan mainan Mattel 9 Maret 1959. Sejak diluncurkan, boneka yang juga merilis berbagai macam seri pakaian dan asesoris lainnya. Untuk melengkapi 'hidupnya', Mattel juga merilis Ken, boneka lelaki ganteng yang diperuntukkan sebagai kekasih Barbie.

Dilansir nydailynews, Selasa (10/3/2009), dari total satu miliar penjualan, tahun lalu saja Mattel sukses menjual 100 juta jenis mainan ini. Total penjualan ini berasal dari berbagai seri tema Barbie mulai dari tema wanita karir sampai tema liburan ke pantai.

Tercatat ada 108 peran yang pernah dilakoni boneka pirang itu. Tak hanya peran, rambut dan warna kulit Barbie juga dibuat bermacam-macam.

Bentuk tubuh, terutama pinggang Barbie yang terlalu kecil sempat menjadi kontroversi karena dikhawatirkan membuat anak-anak perempuan terobsesi akan lingkar pinggang yang tidak memungkinkan itu. Menanggapi proses tersebut lingkar pinggang Barbie pun kemudian dibuat lebih besar.

Sekadar kilas balik, Barbie diciptakan oleh perempuan Amerika bernama Ruth Handler. Ruth terpikir membuat Barbie, ketika melihat anaknya, Barbara senang memainkan peran dewasa pada boneka. Bentuk dan konsep Barbie sendiri terinspirasi dari sebuah boneka Jerman bernama Bild Lilli. Ketika ditawarkan ke Mattel, Ruth menamai boneka tersebut dengan nama lengkap Barbara Millicent Roberts yang kemudian populer dipanggil Barbie.

0 komentar: